Wednesday, January 24ITS ALL ABOUT FLORES

2019, Para Kades Bakal Kelola Dana Rp1,4 Miliar

BOGOR –¬†Pemerintah akan mengucurkan alokasi dana untuk setiap desa sebesar Rp 1,4 miliar di 2019. Dirjen Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan, Boediarso Teguh Widodo menjelaskan alokasi tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan yang saat ini dengan rata-rata Rp 800 juta per satu desa.

“Di 2019 Insya Allah kita naikin anggaran tetap di desa Rp 1,4 miliar,” kata Boediarso di Jeep Station Indonesia, Bogor, Selasa (12/12/2017).

Peningkatan alokasi anggaran desa pada tahun politik juga sudah menjadi janji kampanye Presiden Joko Widodo (Jokowi). Adapun, penyalurannya juga akan dilakukan kepada sekitar 75.000 desa.

“Kenapa 2019 dan kenapa Rp 1,4 miliar itulah yang dijanjikan presiden pada masa kampanye, dan itu sudah ada roadmapnya,” tambah dia.

Menurut dia, peningkatan anggaran untuk desa ini seharusnya dilakukan pada 2018 namun berdasarkan hasil evaluasinya baru dapat dilakukan pada 2019. Dari hasil evaluasi, alokasi anggaran dana desa efektif dalam mengentaskan kemiskinan, menyerap tenaga kerja, meningatkan pendapatan dan daya beli masyarakat, serta mengatasi ketimpangan antar desa.

“Dari keempat itu, ternyata memang dana desa pelaksanaannya berhasil menurunkan jumlah penduduk miskin, gini ratio di pedesaan, tetapi memang peningkatannya itu tidak masif, belum terlalu masif, artinya multiplier efeknya masih belum optimal,” ungkap dia.

Dengan belum optimalnya pemanfaatan dana desa, maka pemerintah pada 2018 akan memperbaiki kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), mulai dari kemampuan para aparat desa dalam mengelola sehingga tidak ada yang disalah gunakan.

“Maka sembari evaluasi efektivitas pelaksanaan dana desa, sekaligus kita mempersiapkan capacty building dalam pengelola keuangan desa, pemerintah berketepapan untuk tidak meningkatkan dana desa dulu,” papar dia.

Dengan adanya peningkatan alokasi dana untuk satu desa, maka anggaran dana desa yang disiapkan pemerintah juga akan meningkat lebih dari 10%. Dalam APBNP 2017, alokasi dana desa ditetapkan Rp 60 triliun.

“Mestinya naik, kira-kira 10% dari transfer ke desa, itu amanat UU, untuk meningkatkan menjadi 10% itu kalau enggak salah ekuivalen sama dengan, kalau Rp 75 triliun, dengan 75 ribu desa, maka kan rata-rata Rp 1,1 miliar, untuk mencapai Rp 1,4 miliar maka harus lebih besar,” tutup dia.¬†(hns/hns)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *