Wednesday, December 13ITS ALL ABOUT FLORES

Ir. Lukas Witak Lipatama: ‘Perasaan Saya Tidak Sakit Jadi Mau Takut Apa?’

FLORESKITA.COM | Pilkada Lembata 2011 menjadi kenangan buruk bagi Ir. Lukas Witak Lipatama yang ketika itu berpasangan dengan Muhidin Ishak, maju ke gelanggang Pilkada Lembata melalui jalur perseorangan. Pensiunan pejabat di lingkup Pemkab Lembata ini terjegal langkahnya di tahapan tes kesehatan yang dilakukan oleh tim dokter di Kupang. Hari ini, Lukas Witak bersama dengan empat orang pasangan calon lainnya dari Lembata dan 6 pasangan calon dari Flores Timur, sudah berada di Kupang guna mengikuti tes kesehatan yang akan dimulai besok hingga hari Selasa (27/09/2016).

FloresKita berkesempatan berbicara dengan sosok yang disebut-sebut sebagai kader yang dipersiapkan oleh politisi gaek mantan bupati Lembata dua periode, Andreas Duli Manuk ini. Kepada FloresKita, Lukas menyampaikan beberapa hal penting, terutama berkaitan dengan persiapan dia mengikuti Pilkada Lembata 2017 khususnya tes kesehatan besok. Berikut nukilannya:

Selamat sore Pak Lukas Witak. Posisi di mana saat ini?

Posisi saya sudah di Kupang sekarang bersiap untuk mengikuti tes kesehatan yang sudah dimulai besok. Jadi besok jam 08.00 pagi sudah dimulai dengan psikotest. Terus selesai dari situ, tes narkoba dari BNN dan lusanya mulai dengan tes kesehatan yang lain, general check up. Belum tahu kapan selesainya karena ada tiga kabupaten kota yang ikut test kesehatan ini. Lembata 5 paket, Flotim 6 dan Kota Kupang 2 jadi ada 12 pasang yang ikut kesehatan.

Dari sisi dukungan partai kuota untuk semua pasangan sudah terpenuhi. Sekarang sorotannya diarahkan ke tes kesehatan. Anda pernah gagal di sini, lima tahun lalu. Bagaimana komentar Anda tentang peristiwa itu?

Ya, kalau bicara cukup adil atau tidak, ya itu kan keputusan dokter ya. Tetapi saya merasa bahwa keputusan itu sebagai sebuah ‘permainan.’ Kan begitu kalau saya merasakannya. Sehingga untuk 2017 ini tentu berjalan dari pengalaman itu, tentu saya juga tidak akan bermaksud mengecewakan pendukung saya, kan begitu. Tidak mau mengecewakan pendukung saya. Oleh karena itu, melalui Partai Golkar awalnya, sebelum saya ditetapkan awalnya dari Partai Golkar waktu itu, saya diminta untuk tes kesehatan sampai dengan psikotest.

Oh ya jadi Anda sudah punya referensi test kesehatan lebih dahulu ya.

Iya, maunya Partai Golkar kan di RSPAD Gatot Subroto Jakarta dan hasilnya semuanya baik kan? Jadi karena awalnya saya direkomendasikan dari Partai Golkar dan saya juga tidak mau mengecewakan pendukung saya, lalu ya sebuah partai besar e bapa e…sehingga saya harus test, seluruh lengkap ditambah dengan HIV/AIDS. Narkoba belum sampai ke sana, tetapi semuanya sampai ke psikotest. Surat Keterangan yang saya dapatkan baik dan dinyatakan layak untuk dicalonkan sebagai calon bupati. Psikotest sekitar 560-an nomor ya. Ya sebuah rumah sakit Angkatan Darat, rumah sakit nomor satu di republik ini, karena presiden kan periksa kesehatan di situ.

Berbekal hasil pemeriksaan di RSPAD Gatot Subroto itu, Pak Lukas merasa sehat dan lolos dalam tes kesehatan besok ya.

Ya, sudah jelas pak. Karena saya, perasaan saya tidak sakit. Apa sakit saya, kan begitu.

Apakah Anda sudah mengantisipasi jika tes kesehatan kali ini pun Anda gagal lagi karena ada skenario mengganjal langkah Anda?

Ya saya sendiri tidak tau. Saya tidak tau. Karena yang lalu itu kan saya independen. Jadi saya tidak punya cantolan. Sekarang ini saya dari Partai Demokrat dan PAN. Ya, sebuah Partai Demokrat dan PAN ini kan bukan partai kecil kan. Dengan adanya peristiwa-peristiwa begitu kan bagaimana mereka bisa mempertanggungjawabkan surat dukungannya buat saya. Kan begitu. Tentu mereka akan berada di samping saya. Sedah jelas kalau ada usaha untuk menghambat saya, pasti Partai Demokrat dan PAN pasti mereka akan mem-backup saya.

Jadi Anda benar-benar sudah siap untuk tes kesehatan besok?

Siap ka, ko kita mau takut apa? Ya, kita mau siapkan apalagi selain siap diri untuk jalankan pemeriksaan kesehatan besok.

Ada pesan untuk pendukung di Lembata?

Semua sedang berharap agar proses ini berjalan lancar dan saya himbau supaya mereka tenang dan sebagai umat beriman tentu mereka diharapkan untuk berdoa untuk kita. (NN/Foto: Ist)

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *