Wednesday, December 13ITS ALL ABOUT FLORES

Obituari Thomas Soga Murin

JAKARTA-FKC | Warga Paguyuban Keluarga Tite Hena di Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi pagi ini, Sabtu (25/11/2017) berdukacita. Kabar kepergian salah saeorang sesepuh yang sangat dekat dan aktif terlibat di dalam berbagai kegiatan paguyuban ini datang, pagi-pagi sekali. Mantan Ketua Tite Hena periode lalu, Thomas Soga Murin dikabarkan meninggal dunia dinihari tadi di Bekasi, Jawa Barat. Warga Tite Hena khususnya dan keluarga Lamaholot umumnya pun berduka cita karena kabar duka ini.

“Berita duka, telah meninggal dunia hari ini, Sabtu 25 November 2017 pukul 03.00 di RS Elisabeth Bekasi, paman/saudara/sesepuh kami, Bapak Thomas Soga Murin, (Ketua Tite Hena periode 2011-2016). Kami menyampaikan dukacita yang mendalam untuk keluarga yang ditinggalkan,” demikian Simon Lamakadu, Ketua Tite Hena menyampaikan kepada warga Tite Hena di Jakarta.

Fransiskus Roi Lewar, tokoh muda Flores Timur di Jakarta mengungkapkan dirinya masih sempat berbicara dengan almahrum petang kemarin, sekira pukul 16.00. “Kemarin sore sekitar jam 4 saya masih sempat berbicara dengan beliau di telepon, rupanya itu pembicaraan terakhir dengan beliau. Beliau orangnya rendah hati, selalu hadir di dalam semua kegiatan kekerabatan Lamaholot,” ungkap Roi Lewar.

Thomas Soga Murin adalah seorang tokoh Lamaholot di Jakarta yang berasal dari Adonara, tepatnya Lamatewelu. Bersama kelompok arisan dari daerah ini, ia menjadi salah seorang sesepuh yang paling aktif dalam berbagai kegiatan kekerabatan Lamaholot di Jakarta. Dari tangannya pula, Paguyuban Tite Hena bermetamorfosa menjadi sebuah komunitas yang semakin dinamis dengan banyaknya anak-anak muda yang bergabung dan menjadi pengurus paguyuban ini.

Seusai lepas dari tanggungjawab sebagai Ketua Tite hena, ia senantiasa mendamping penggantinya, Simon Lamakadu dalam berbagai kesempatan. Terakhir, praktisi media di era 1980-an ini juga masih hadir dalam rapat persiapan Natal dan Tahun Baru Tite Hena, beberapa pekan lalu di rumah kediaman Sekjen Tite Hena, Fidelis Lein di Bekasi, Jawa Barat.

Hari itu adalah hari terakhir Om Thomas Soga Murin hadir dan turut memberikan sumbang saran bagi para pengurus dalam mempersiapkan kegiatan itu. Ia selalu meneguhkan dalam berbagai kesempatan. Mulai hari ini, tak akan ada lagi wajah teduh yang selalu tenang memberikan masukan dan pendapatnya, ketika para pengurus yang muda-muda sedang terlibat dalam dinamika diskusi. Warga Tite Hena,Lamaholot se Jabodetabek pastinya merasa kehilangan dan duka yang mendalam.

Teriring doa dan ucapan terima kasih, semoga perjalananmu menuju Rumah Ilahi dilapangkan dan damai bersamamu di Surga. Semoga keluarga yang engkau tinggalkan diberikan kekuatan untuk menghadapi kepergianmu ini. Om Thomas, pana de mela, gawe de sare…. (FL)

 

It's only fair to share...Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on TumblrDigg this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *